installaai listrik (ELDA)

instalasi listrik
Instalasi listrik rumah perlu mendapat perhatian khusus. Karena listrik punya peran penting bagi kehidupan kita, hal ini dapat Anda rasakan saat listrik mati, Anda pasti merasa sumpek, rasanya gak bisa ngapa-ngapain. Di sisi lain listrik juga menyimpan bahaya yang selalu mengintai kita.

Malfunction atau kasus ketidakberesan akibat sambungan listrik pada instalansi listrik rumah sudah sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Hal ini terutama terjadi pada perumahan yang termasuk kedalam golongan tarif R1 yaitu tarif yang berkisar antara 450VA s.d 2200VA. Alasan ketidakberesan pada sambungan listrik ini bermacam-macam seperti adanya masalah pada spesifikasi kabel, adanya kesalahan pada teknik untuk menyambungkan kabel, adanya kesalahan pada teknik penanaman kabel yang terletak di bagian dinding, dan memasang stop kontak dan saklar lampu.

Instalasi listrik rumah bertingkat akan lebih rumit dibanding instalasi listrik rumah sederhana. Supaya kemungkinan-kemungkinan terburuk bisa Anda hindari seminimal mungkin, Anda disarankan untuk selalu mengecek setiap pemasangan kabel di rumah Anda.

Jenis kabel yang mestinya digunakan adalah kabel NYM. Kabel ini memiliki ukuran minimal yaitu ukuran 3 x 2,5 mm². Kabel ini terpasang dan tersedia di titik-titik yang berada pada stopkontak. Untuk lampu ditetapkan ukuran minimal yaitu 2 x 1,5 mm² yang ditujukan pada setiap lampunya. Biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi instalansi listrik rumah memang cukup besar. Biaya tersebut akan membengkak jika semua kabel di rumah diganti dengan kabel yang baru. Namun jika Anda merasa keberatan dengan biaya yang cukup mahal itu, tidak ada salahnya memperbaiki ulang seluruh kabel Anda sendiri dengan biaya yang jauh lebih hemat dan terjangkau.


2 Cara Membuat Instalansi Listrik Sendiri di Rumah
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah Anda mempelajari dan mengetahui susunan untuk jalur setiap kawat seperti apa. Hal ini penting karena Anda harus mengetahui jalur yang terdapat pada setiap kawat yang masuk ke box MCB. Jika ada kesalahan pada proses pemasangan, maka efeknya akan terasa pada jalur seluruh kabel yang ada dan Anda bisa langsung memperbaikinya. Anda juga bisa saja memperbaikinya setelah instalansi listrik rumah sudah dipasang.
Cara kedua adalah memasangkan kabel. Anda bisa mencicil pemasangan instalansi listrik rumah dengan cara mengganti kabel lama dengan kabel baru pada setiap ruangan yang ada di rumah. Perkirakan sepanjang apakah kabel yang dibutuhkan agar tidak tersisa banyak. Anda bisa mengukur panjang kabel lama dengan menggunakan tali plastik nylon sepanjang 3 meter. Beri ukuran lebih panjang 20 cm agar bisa menyambung dengan bentuk jalur lain seperti sambungan kabel, titik yang terdapat pada stopkontak, titik dan juga saklar lampu. Buatlah sambungan kabel pada bagian yang dibutuhkan saja.
Tips Memelihara instalasi listrik rumah
Pastikan instalasi listrik terpasang dengan benar, menggunakan material yang berkualitas dan sesuai kapasitas.
Lakukan pemeriksaan secara berkala setiap satu tahu sekali untuk memeriksa kelayakan instalasi listrik, sehingga jika tidak layak dapat segera dilakukan rehabilitasi.
Rehabilitasi rutin sebaiknya dilakukan tiap 5 tahun sekali, agar instalasi listrik rumah Anda tetap layak, hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.
Gunakan peralatan elektronik yang sesuai dengan kapasitas dan instalasi yang terpasang.

Tips Mencegah Bahaya Kelistrikan
Gunakan sekering sesuai dengan daya yang tersambung.
Jangan menumpuk stop kontak pada satu sumber listrik
Jangan biarkan ada kabel terbuka atau terkelupas
Jauhkan sumber listrik dari jangkauan anak-anak
Gunakan material listrik yang berkualitas bagus dan berstandar SNI
Segera pangkas pohon dihalaman yang mendekati atau menyentuh jaringan listrik
Biasakan untuk berhati-hati dan tidak ceroboh dalam menggunkan listrik.
Pastikan instalasi listrik di rumah Anda aman, agar Anda dan orang yang Anda sayangi terhindar dari bahaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

fungsi tombol di kamera dslr eos 700D LAPORAN PKL

tutorial membuat pas photo di adobe cs3 LAPORAN PKL